Sunday, May 24, 2009

GURU





SUKA DUKA MENJADI SEORANG GURU

Menjadi seorang guru bukanlah sesuatu yang sangat mudah dan gampang , semuanya harus didasari dari hati nurani yang paling dalam . Kita sebagai guru harus kreatif dan selalu mengikuti perkembangan jaman , supaya kita tidak ketinggalan oleh kemajuan teknologi dan informasi .Dengan tuntutan pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara yang baik , kita dituntut harus mampu menjadikan anak didik kita menjadi anak yang berbakti kepada orangtua agama, nusa dan bangsa

KEPRIHATINAN

Sekarang ini banyak kita jumpai siswa yang mengutamakanpelajaran UAN bahkan mereka menganggap bahwa UAN lah
yang menentukan keberhasilan nilai akademik mereka .
Semua ini membuat kami sebagai guru mata pelajaran non
UAN merasa sangat prihatin, karena kami ini hanya dianggap sebagai pelajaran sampingan, padahal semua pelajaran itu pada dasarnya sama penting karena semua pelajaran itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan .
Dilema semacam ini sebetulnya tidak perlu terjadi karena semua mata pelajaran yang ada itu demi kebaikan mereka dikemudian nanti. Sebagai seorang guru pelajaran non UAN kami berkeinginan Ujian sekolah ada kaitanya dengan kelulusan siswa.
Semua ini bisa terlaksana dengan baik jika semua pihak saling membantu , sehingga siswa tidak meremehkan mata pelajaran non
UAN.
Seperti tahun tahun yang lampau kedudukan semua mata pelajaran sama tanpa ada perbedaan yang mencolok seperti saat ini , dan pelaksanaan ujian sekolah lebih dulu dilaksanakan sehingga semangat belajar siswa lebih tinggi , tidak seperti sekarang Ujian nasional didahulukan sehingga para siswa sangat menganggap enteng Ujian Sekolah, karena mereka berfikir Ujian Sekolah tak ada kaitan dengan kelulusan.
Wacana semacam ini bukan masalah sepele , bilamana ini terjadi terus menerus sangat tidak mungkin pelajaran non UAN akan tersisihkan.

 
PPKn2 © 2007 Template feito por Áurea R.C.